HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Geografis Wilayah

Kabupaten Jepara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah, dimana bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah ini berupa pegunungan. Luas wilayahnya adalah ± 1.004,16 km2. Batas-batas administrasi Kabupaten ini adalah sebagai berikut:

Sebelah Utara : Laut Jawa
Sebelat Timur : Kab. Pati dan Kab. Kudus
Sebelah Selatan : Kabupaten Demak
Sebelah Barat : Laut Jawa

Kabupaten Jepara merupakan Kabupaten yang terletak di pantura timur Jawa tengah dimana bagian barat dan utara berbatasan dengan laut. Di Kabupaten Jepara terdiri dari 183 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 16 Kecamatan. Berikut adalah peta dan nama-nama kecamatan dan kelurahan yang terdapat di Kabupaten Jepara:

Kecamatan Bangsri
Kelurahan Bangsri, Banjar Agung, Banjaran, Bondo, Guyangan, Jerukwangi, Kedungleper, Kepuk, Papasan, Srikandang, Tengguli, dan Wedelan.

Kecamatan Batealit
Kelurahan Bantrung, Batealit, Bawu, Bringin, Geneng, Mindahan, Mindahan Kidul, Ngasem, Pekalongan, Raguklampitan, dan Somosari.

Kecamatan Donorojo
Kelurahan Bandungharjo, Banyumanis, Blingoh, Clering, Jugo, Sumber Rejo, Tulakan, dan Ujungwatu.

Kecamatan Jepara
Kelurahan Karangkebagusan, Panggang, Potroyudan, Bapangan, Saripan, pengkol, Jobokuto, Ujungbatu, Kauman, Bulu, Demaan, Kuwasen, Mulyoharjo, Wonorejo, Bandengan, dan Kedungcino.

Kecamatan Kalinyamatan
Kelurahan Bakalan, Bandungrejo, Banyuputih, Batukali, Damarjati, Kriyan, Manyargading, Margoyoso, Pendosawalan, Purwogondo, Robayan, dan Sendang.

Kecamatan Karimunjawa
Kelurahan Karimunjawa, Kemojan, Parang.

Kecamatan Kedung
Kelurahan Bugel, Bulakbaru, Dongos, Jondang, Kalianyar, Karangaji, Kedungmalang, Kerso, Menganti, Panggung, Rau, Sowan Kidul, Sowan Lor, Sukosono, Surodadi, Tanggultlare, Tedunan, dan Wanusobo.

Kecamatan Keling
Kelurahan Bumiharjo, Damarwulan, Gelang, Jlegong, Kaligarang, Kelet, Keling, Klepu, Kunir, Tempur, Tunahan, dan Watuaji.

Kecamatan Kembang
Kelurahan Balong, Bucu, Cepogo, Dermolo, Dudakawu, Jinggotan, Kaliaman, Kancilan, Pendem, Sumanding, dan Tubana.

Kecamatan Mayong
Kelurahan Bandung, Buaran, Bungu, Datar, Jebol, Kuanyar, Mayong Kidul, Mayong Lor, Ngroto, Pancur, Paren, Pelang, Pelemkerep, Pule, Rajekwesi, Sengonbugel, Singorojo, dan Tigajuru.

Kecamatan Mlonggo
Kelurahan Jambu, Jambu Timur, Karanggondang, Mororejo, Sekuro, Sinaggul, Srobyong, dan Suwawal.

Kecamatan Nalumsari
Kelurahan Bategede, Bendanpete, Blimbingrejo, Daren, Dorang, Gemiring Kidul, Gemiring Lor, Jatisari, Karangnongko, Muryolobo, Nalumsari, Ngetuk, Pringtulis, Tritis, dan Tunggulpandean.

Kecamatan Pakis Aji
Kelurahan Bulungan, Kawak, Lebak, Mambak, Plajan, Slagi, Suwawal Timur, dan Tanjung.

Kecamatan Pecangaan
Kelurahan Gemulung, Gerdu, Kaliombo, Karangrandu, Krasak, Lebuawu, Ngeling, Pecangaan Kulon, Pecangaan Wetan, Pulodarat, Rengging, dan Troso.

Kecamatan Tahunan
Kelurahan Krapyak, Mantingan, Demangan, Mangunan, Petekeyan, Platar, Semat, Lanon, Sukodono, Senenan, Tegalsambi, Telukawur, Ngabul, Kecapi, dan Tahunan.

Kecamatan Welahan
Kelurahan Brantaksekarjati, Bugo, Gedangan, Gidangelo, Guwosobokerto, Kalipucang Kulon, Kalipucang Wetan, Karanganyar, Kedungsarimulyo, Kendengsidialit, Ketilengsingolelo, Sidigede, Telukwetan, Ujungpandan, dan Welahan.

Kondisi Topografi

Kabupaten Jepara memiliki relief yang beraneka ragam, terdiri dari daratan tinggi(sekitar Gunung Muria dan Gunung Clering) dan daratan rendah di sekitar pantai (Pantai Kartini, Bandengan, Bondo, dll.). Kondisi topografi antara 0-1.301 m di atas permukaan air laut. Penggunaan lahan sebagian besar untuk perumahan, persawahan, perkebunaan, tambak, industri, pariwisata, pertambangan, lahan kritis dan lain-lain.