HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Articles in Category: Kegiatan Terkini Pengadilan

Dr. H.M. HATTA ALI, SH.MH. MEMBUKA RAKERNAS 2012

on Senin, 29 Oktober 2012. Posted in Kegiatan Terkini Pengadilan

Manado-Humas: Ketua Mahkamah Agung Dr. H.M. Hatta Ali, SH.MH. membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional 2012 di ruang Lotus Dua Hotel Sintesa Peninsula Manado pukul 10.00 WIT (29/10) dengan tema Pemantapan Sistem Kamar Untuk Mewujudkan Kesatuan Hukum Dan Meningkatkan Profesionalisme Hakim. Sama seperti tahun lalu, Rakernas kali ini juga menggunakan sistem paperless. "Ini adalah kali kedua Mahkamah Agung RI melaksanakan Rakernas dengan mengedepankan go green. Jadi, bisa dibuktikan di atas meja para peserta tidak ada kertas kecuali buku panduan." Ungkap mantan Ketua Muda Bidang Pengawasan Mahkamah Agung RI Itu.

Hatta Ali menjelaskan bahwa Rakernas kali ini masih merupakan rangkaian cara untuk mewujudkan cita-cita membangun badan peradilan yang agung, untuk itu hal-hal seperti,
1. Menjaga kemandirian badan peradilan
2. Memberi pelayan hukum yang berkeadilan bagi pencari keadilan
3. Meningkatkan kualitas putusan dan
4. Meningkatkan kredibilitas dan transparansi badan peradilan
Harus tetap ditingkatkan dan terus ditingkatkan.

Menurut pria asal Makassar ini ada 7 area yang bisa diterapkan dalam mewujudkan badan peradilan yang agung. Yang pertama, Adanya kepemimpinan yg tinggi dan manajemen peradilan yg responsip, kedua, Kebijakan yang berorintasi pada public, ketiga, Sumbe Daya Manusia yang berkualitas dan berintegritas, keempat, anggaran yg memadai, kelima, sidang yang efektif dan akuntable, keenam, tercapainya kepuasan para pencari keadilan dan ketujuh, Meningkatkan kepercayan masyarakat.

Rakernas kali ini diikuti oleh semua pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama dan para undangan lainnya. Selain peserta hadir pula dalam pembukaan rakernas ini Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Sinyo Harry Sarundajang, beliau sangat menyambut baik Rakernas MA dilaksanakan di kota nyiur melambai dan mendukung semua langkah-langkah MA dalam menciptakan badan peradilan yang agung.